Cara Kerja Google

Google seperti Search Engine yang lain, menggunakan software otomatis untuk membaca, menganalisa, membandingkan dan mengurutkan halaman website anda. Hal ini berarti bahwa unsur-unsur visual dari website seperti layout, warna, animasi, flash, visualisasi yang sederhana dan grafik lainnya akan diabaikan. Search Engine Google adalah seperti orang buta yang membaca buku dengan menggunakan huruf Braille.Berikut ini pemikiran pokok yang harus anda ketahui tentang Serach Engine Google:

* Jadi, apa yang dimaksud dengan ranking?

Jika anda mengetik contoh “ebook” ke dalam kotak pencarian di Google, maka anda akan mendapatkan tampilan daftar (default: 10 listing per halaman) yang Google anggap paling relevan, kemudian akan difilter sesuai dengan relativitas keinginannya.


Website yang paling relevan dan paling penting akan ditampilkan dalam daftar secara descending (mulai dari paling relevan hingga tidak begitu relevan). Untuk Google, relevansi halaman web tergantung pada seberapa baik halamannya pada kata atau phrase pencarian.

Arti penting pada sisi lain yaitu bergantung pada kualitas dan kuantitas (jumlah) link yang menunjukkan ke halaman website anda dari halaman website lain. Jika website anda tidak tampil pada top 30 itu karena trafik Google atau Search Engine sangat cepat berubah, atau hal ini disebabkan oleh jarangnya orang mencari halaman website tersebut.

Kapan Google datang mengunjungi website anda?

Untuk masuk dalam daftar indeks Database Google, maka Google akan mengunjungi websie anda dengan menggunakan:

- Robot

- Spider

Kedua program ini akan membaca setiap halaman melalui halaman utama dan diikuti dengan memasuki setiap link ke semua halaman website anda.

* Google tidak akan menambahkan halaman web anda ke dalam indeks databasenya kecuali jika ada minimal satu halaman web lain dalam indeks tersebut yang mempunyai link ke satu halaman lainnya. Jadi jangan pernah memasukkan website anda secara langsung ke Google.

* Atur terlebih dahulu setiap link halaman web anda sebelum di masukkan ke Google.

Dahulu kala :), Google mempunyai 2 tipe Crowl (penjelajah website), yaitu:



* Deep Crawl atau Main Crawl

Tipe ini mempunyai kebiasaan menjelajah setiap halaman website tiap mendekati akhir bulan.



* Fresh Crawl

Tipe ini mempunyai kebiasaan menjelajah beberapa kali setiap minggu (setiap hari untuk beberapa website), tetapi pada halaman tertentu saja.

Semakin popular website anda, semakin sering Google mengunjungi website tersebut. Anda dapat menentukan kapan website anda terakhir dikunjungi oleh Google dengan melihat tanggal yang tampil pada baris paling bawah di listing hasil halaman pencarian Google.

* Deep/Main Crawl & Google Dance

Deep/Main Crawl adalah kebiasaan yang dilakukan oleh spider utama yang disebut Googlebot. Google akan memperbaharui indeks utama sebulan sekali setelah Deep/Main Crawl mengunjungi semua website secara lengkap (Google sekarang cenderung menemani semua perubahan lebih lanjut walaupun pembaharuan bulanan masih terjadi dari waktu ke waktu).

Hal ini merupakan kritik pada website anda yang berjalan ketika Google mengunjunginya. Jika website anda di bawah, maka listing di Google, kemungkinan menghilang yang akan tampil pada update berikutnya. Google akan berpikir bahwa website anda tidak lagi ada dan kemungkinan dibuang dari indeks dalam database Google.

Proses ini umumnya dimulai minggu terakhir dari tiap bulan dan akan berlanjut sampai minggu tertentu. Indeks akan diperbaharui biasanya didasarkan pada isi website yang mereka punyai disimpan dalam database di awal bulan untuk website anda, oleh karena itu maka perhitungan ranking akan dilakukan berulang kali untuk masing-masing halaman dari setiap website. Karena banyaknya halaman indeks website yang ter-indeks oleh Google, perhitungan ini membutuhkan waktu hingga beberapa minggu.

Selama periode ini, pencarian ranking dapat berubah, bahkan perubahan sampai pada tiap menit. Fluktuasi bulanan ini dimasukkan ke dalam Google Dance. Anda dapat melihat versi dari indeks server yang berbeda pada TOP TEN Data Center utama Google dengan menggunakan tool Google Dance yang dapat di download di http://www.google-dance.com

* Fresh Crawl

Fresh Crawl dilakukan oleh spider Google yang berbeda yang disebut dengan nama Freshbot. Dilakukan beberapa kali dalam seminggu tapi hanya beberapa halaman saja yang akan dikunjungi.

Freshbot akan melihat halaman baru dan untuk halaman yang dalam waktu dekat terakhir di-update oleh Administrator website tersebut. Halaman baru segera dimasukkan ke dalam hasil pencarian, walaupun sebenarnya halaman baru ini belum terindeks di database utama Google, melainkan tersimpan dalam indeks sementara yang akan diatur kemudian. Oleh karena itu halaman ini tidak mempunyai urutan yang akurat sampai Main Crawl pada website tersebut.

Proses ini disebabkan karena halaman web baru tersebut akan dibandingkan lagi dengan halaman web secara keseluruhan pada indeks utama. Jika anda tertarik, anda dapat memeriksa file log server anda untuk useragent Googlebot.

* Bagaimana Google menggolongkan website?

Google menggunakan suatu alat canggih dan algoritma kepemilikan untuk mengatur rangking website yang menggunakan lebih dari 100 kriteria yang berbeda dalam perhitungan, masing-masing pertimbangan berubah setiap saat. Karena algoritma yang berubah-ubah maka dibutuhkan tehnik tertentu yang akan digunakan untuk bekerja dengan baik dari waktu ke waktu. Hal ini sangat penting untuk diingat ketika anda menginginkan website yang anda buat tidak diubah kedudukan (ranking)nya dengan alasan apapun. Untuk alasan ini, pengoptimalan website anda tidak dilakukan sekali saja. Anda harus selalu mencoba, mengkaji dan memperbaiki website yang anda buat. Sebenarnya, algoritma Google dapat dikelompokkan menjadi 2 faktor utama, yaitu:

Faktor Keyword (Textual)



Adalah seberapa baik website anda dioptimalkan untuk memilih keyword (bagaimana, dimana dan kapan keyword tersebut digunakan).



Pada pertengahan Nopember 2003, Google telah memperkenalkan suatu algoritma utama yang bekerja selama perubahan yang disebut Florida Update yang akan mengganti urutan website di dalam database Google.

Jika terdapat kata kunci yang sama pada link dari salah satu halaman website. Faktor keyword ini menentukan keterkaitan atau relevansi suatu halaman web.

Faktor Link (PageRank)



Hal ini meliputi kualitas dan kuantitas dari suatu link pada website lain yang menunjuk ke lokasi anda. Faktor link ini menentukan pentingnya suatu halaman web yang nantinya akan dihubungkan ke PageRank (PR) Google.

Google akan mencari halaman dalam indeksnya yang merupakan relevansi dan arti penting suatu pencarian ke dalam suatu istilah atau ungkapan tertentu, kemudian diurutkan ke dalam listing pada database Google secara descending dalam halaman hasil pencarian.

* Faktor keyword dan relevansi halaman website

Keyword atau kata kunci dihubungkan dengan kata atau ungkapan yang dimasukkan ke dalam Search Engine untuk mencari informasi tertentu. Meskipun kita kadang memasukkan 2 sampai 5 atau bahkan lebih ungkapan/kata kedalam teks box pencarian Google itu tidak menjadi masalah karena Google akan mengindeks semua halaman web yang terdapat dalam indeks dan daftar halaman yang berisi kata atau ungkapan yang dicari tersebut. Keyword ini akan menjabarkan tema suatu website.

Seberapa baik anda menentukan tema dari website anda dan seberapa baik anda mengoptimalkan penggunaan keyword yang akan sangat mempengaruhi rangking website anda di Google.

Secara rinci, Google akan memperhatikan jika ada teks dari link website lain menunjuk/mengarah ke website anda, judul, isi dari link halaman website tersebut yang juga berisi keyword anda.

* Faktor Link (PageRank) & keutamaan halaman web

Keutamaan halaman web adalah semua tentang link, kualitas, kuantitas, dan kekuatan. PageRank juga disebut sebagai RP Google.

Ketika marketer internet berbicara tentang cara untuk mengoptimalkan suatu website untuk Search Engine, mereka umumnya membicarakan tentang aspek peningkatan website tersebut yang akan meningkatkan relevansi halaman website. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena faktor kualitas dari website tersebut juga patut menjadi perhitungan.

Google akan mencari link yang akan ditunjuk ke halaman website anda dari website lain. Google mempercayai bahwa kalau ada link dari website A ke website B adalah vote yang penting dari website B. Dimana hal ini akan menolong setiap halaman di website anda mempunyai nilai PR (PageRank). Pada umumnya nilai PR ini selalu paling tinggi untuk halaman web Home yang banyak dikunjungi para netter sebelum mereka masuk ke sub halaman website anda (melalui link tentunya).

Semakin banyak website lain yang mempunyai link ke website anda (relasi), maka semakin penting dan semakin sering kunjungan Google dan semakin tinggi juga nilai PR anda. Lebih dari itu, kualitas dan kuantitas dari suatu link juga dipertimbangkan mengingat tidak semua link akan bernilai sama. Pelihara ingatan anda tentang PageRank, karena faktor tunggal ini digunakan untuk penyusunan urutan website dalam database Google (Ranking).

Yang perlu anda ingat, PageRank bukan faktor utama di dalam keyword yang digunakan di website anda. Nilai PageRank akan aktif setelah membandingkan halaman pada website di dalam indeks Google vs halaman web yang lain (lebih dari 3,3 Milyar halaman web).

Top 5 dalam pencarian Google

Walaupun Google melihat dari 100 kategori yang berbeda untuk mengurutkan website, disini ada 5 aspek yang sangat berpengaruh dan harus dimengerti secara serius tentang top ranking adalah:

*) Keyword digunakan di dalam judul halaman web anda (letaknya diantara tag <TITLE>).

*) Keyword digunakan di dalam heading (H1) dan di paragraf pertama halaman website anda.

*) Keyword digunakan di dalam teks link, keduanya di website anda dan di website lain.

*) Nilai PageRank dari halaman website anda, tergantung banyaknya link menuju ke website anda dari website lain.

*) Halaman yang berisi lebih dari 200 kata dari teks yang relevan (semakin banyak semakin baik)

Untuk meletakkan event yang lebih sederhana dalam masalah penempatan ranking tinggi di Google, maka anda membutuhkan pengoptimalan website anda dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang paling baik. Hal ini bisa didapat dengan cara mengambil beberapa website penting dan relevan ke link website anda, dan anda bisa mengganti teks berisi link dengan keyword yang paling baik.





source:o-om.com