Selamat Hari Pi 14 Maret

Selamat Hari Pi 14 Maret. Alvien Rizky mengucapkan Selamat Hari Pi yang tepat jatuh pada hari ini tanggal 14 maret 2010. Saya yakin anda semua tahu apa itu Pi. Sedikit ulasan mengenai matematika pi.

Bilangan PI sudah kita kenal dari SD untuk menghitung rumus luas, keliling lingkaran, serta luas permukaan dan volum bola, serta berbagai macam kegunaan lainnya. Penemuan bilangan PI pertama kali adalah dengan jalan membandingkan keliling dan diameter lingkaran, seperti pada jaman mesir kuno. Archimedes (287-212 BC) telah menghitung PI dan bilangannya berkisar antara 3,141 sampa 3,142. Namun, PI telah banyak diingat dalam bentuk kata-kata untuk memudahkan kita, antara lain dengan menghitung banyaknya huruf per kata dalam kalimat Misalkan:
1.How I want to drink, alcoholic of course, after the heavy lectures involving quantum mechanics. All of thy geometry, Herr Plank, is fairly hard (mengacu pada nilai PI=3,14159265358979323846264)
2.I made a glass alligator (3 di awal tidak dimasukkan)
3.Can I have a pepsi? Carbonate it please. Right Now!
4.I want a mouse notifying me eleven times for three weekends
5.I hope I dance beautiful in eleven years for mummy
6.And I love pizza, yesterday my sister drank, ate.

Namun tetap saja (bagi saya) nilai PI di atas sukar dihafalkan karena saya memang kurang bisa berbahasa inggris! Ada yang merasa tertantang untuk membuat versi Indonesianya? Ayo!